About Me

Tentang Saya

Sigondes.com adalah media hiburan berisi gambar komik, kartun, meme, gambar kata-kata, foto humor, cerita bergambar (cergam) lucu singkat. Dimana dalam tiap konten grafis asli (orisinil) yang ditayangkan diupayakan disertai dengan narasi latar belakang terciptanya karya tersebut, proses cara pembuatan serta pesan moral yang hendak disampaikan.

Selain itu juga membahas berbagai informasi dan tips tentang seputar dunia komik, kartun, karikatur serta gambar meme yang lagi ngetrend di kalangan anak muda. Khususnya komik buatan Indonesia dari masa ke masa.

Jangan kaget baca tips dari Om Toni. Karena dalam membuat gambar, saya punya cara yang beda dari kebanyakan komikus dan kartunis profesional. Saya tak punya perlengkapan memadai untuk membuat komik. Bukan apa-apa, tak ada alokasi dana khusus untuk itu. Jadi saya memakai peralatan seadanya yang dipunyai oleh orang kebanyakan orang yaitu: kertas, spidol, tab lama serta laptop jadul yang RAMnya tak kuat menjalankan aplikasi wajib bagi desainer grafis / komikus seperti photoshop atau corel draw. Tak heran jika hasilnya agak unik kan?
😆


Si Gondes merupakan blog pribadi milik Om Toni. Nama lengkapnya A Toni Indriyatno. Lahir di Pati Jawa Tengah namun menetap di kota Malang Jawa Timur.
Om Toni dan jagoannya

Saya hanya seorang tukang las yang merasa paling bahagia. Karena disela waktu bekerja guna menghidupi anak istri, masih punya banyak waktu luang untuk berbagi canda tawa dengan pembaca..  

Melalui sigondes.com ini Om Toni melampiaskan hobby corat coret. Ya, meskipun hasil gambarnya secara visual tak terlalu bagus. Cenderung ngawur malah. Demikian juga dengan materi ceritanya. Sangat sederhana, apa adanya tapi suka maksa orang untuk ketawa ngakak. Dalam hal ini Om Toni mengadopsi prinsip “mentertawakan diri sendiri itu perlu”. Artinya: Semakin kita berusaha untuk mencari sesuatu, semakin jauh sesuatu tersebut untuk ditemukan.
Bingung?
Itulah maksud saya. Semakin pembaca bingung mencari dimana letak kelucuan blog ini, semakin saya tertawa ngakak. Kenapa? Karena blog ini memang tak ada lucu-lucunya sama sekali! Dicari sampai lebaran kuda juga tak bakalan ketemu!

Dan pada saat pembaca menyadari hal tersebut, maka akan ikut tertawa juga. Mentertawakan diri sendiri: Kok mau-maunya ngabisin kuota internet buat mencari sesuatu yang tak ada? Ibarat seorang arkeolog yang jauh jauh datang ke Mesir, menggali pasir ratusan meter untuk menemukan artefak kuno namun yang didapat hanya secarik kupon bertuliskan: “Anda belum beruntung. Coba sekali lagi.”

Kesimpulannya. Materi di sigondes.com, baik itu gambar komik, kartun berwarna / hitam putih, foto, meme, humor... Semuanya berdasar kesenangan pribadi Om Toni sebagai pengarangnya. Jika pembaca ngerasa itu lucu, silahkan ikut tertawa, tersenyum... sampai guling guling juga tak masalah. Kalau tak suka, silahkan ngomel, ngamuk sampai banting laptop / hape juga no problem. Asal tak minta ganti ke saya aja

Kenapa saya mesti menyampaikan hal ini? Karena selera humor masing-masing orang itu beda. Dan kata istri maupun orang terdekat, Om Toni punya selera humor yang rada aneh. Jadi kalau Anda eneg baca cerita komik ala si Gondes, berarti normal. Namun kalau Anda ketawa baca blog ini, berarti kita sama koplaknya. Deal?

Dalam sigondes.com ini sebenarnya saya sudah mengurangi porsi kengawuran. Seiring bertambahnya usia, Om Toni mulai belajar membedakan mana yang ingin dilakukan, mana yang seharusnya dilakukan dan mana yang wajib untuk dilakukan.

Ketiga hal tersebut jelas sekali perbedaannya. Dalam konteks komik humor, banyak hal yang ingin saya gambar. Misalnya saya ingin menggambar kartun untuk menyindir tokoh agama. Keinginan tersebut seharusnya tidak dilakukan. Jika maksa, akibatnya bisa berbahaya bagi kerukunan antar umat beragama. Dan pastinya saya terancam penjara jika dilaporkan ke polisi.

Intinya, tak semua hal yang kita inginkan itu baik untuk dilakukan meskipun kita mampu untuk melakukannya. Contoh riilnya bagi saya dan mungkin bagi sebagian besar lelaki adalah soal selingkuh.
Oops!
Untuk kaum wanita, maaf ya. Kejujuran memang kadang menyakitkan. Kecuali jujur kacang ijo

Kembali ke topik perkenalan
Karakter si Gondes yang berambut gondrong ikal, berwajah cuek dan menyebalkan sebenarnya merupakan gambaran pribadi Om Toni. Meskipun secara fisik, sebenarnya Om Toni jauh lebih ganteng dari si Gondes. Ehem...!!

Serius, saya dari dulu suka gondrongin rambut. Tak tahu kenapa. Bahkan saya rela keluar dari kerjaan dan bikin usaha sendiri (bengkel las) alasan utamanya karena ingin tetap berambut gondrong. Kedengarannya konyol banget. nDeso! Tapi itulah kenyataannya.


Karakter si Gondes  pertama kali saya buat pada tahun 1997/1998 dalam buku humor berjudul: Reformasi Ketawa. Buku tersebut saya cetak dan terbitkan sendiri secara indie. Saya sendiri juga yang membaca karena dari 1000 eksemplar, sebagian saya bagikan gratis ke teman-teman dan sebagian dimakan rayap karena tak tahu cara menjualnya hahaha....

Pada tahun 2004 karakter Gondes diterbitkan oleh penerbit Permata AD dengan judul: Mati Ketawa Cara Gondes. Sayang, gambar ilustrasinya dibikin oleh pihak penerbit dengan karakter wajah mirip Parto Patrio. Saya sendiri baru tahu naskah yang saya kirim itu ternyata diterbitkan beberapa tahun kemudian saat menemukannya di toko buku. Dan saat saya tanya soal royalty, penerbitnya bilang tak ada sepeserpun karena katanya buku tersebut tidak laku. Hh... ngenes!

Pada tahun 2014, saya bikin blog dengan nama Republik Gondes. Slogannya: memasyarakatkan tawa, mentertawakan masyarakat. Bisa di akses di Alamat URL: http://republik-gondes.blogspot.com. Isinya berupa kumpulan humor, cerita lucu anekdot, naskah stand up comedy, meme, plesetan dalam bahasa Indonesia dan Jawa. -Tapi awas! Anak di bawah umur, apalagi di bawah sumur sebaiknya jangan lihat. Terutama untuk postingan dari tahun 2014 sampai 2016. Karena dalam kurun waktu itu saya menulis apa yang ingin saya tulis, tak peduli itu layak atau tidak. So, gaya bahasanya kasar, jorok dan tak baik untuk anak kecil-

Namun dalam blog yang sampai sekarang juga masih jalan namun jarang diupdate itu saya tak menampilkan gambar karakter si Gondes seperti dalam blog ini.

Baru pada 1 januari 2017 karakter gambar komik si Gondes versi sigondes.com saya hidupkan kembali setelah tidur selama 20 tahun. Dan benang merah dari cerita blog ini adalah pengalaman mimpi si Gondes selama 20 tahun tersebut. Jadi jangan heran jika si Gondes bisa jadi apa saja. Orang mimpi kan bebas toh?

Mungkin di luar sana ada blog yang memakai nama tokoh si Gondes. Tak jadi soal. Karena istilah Gondes (gondrong ndeso) sendiri sudah muncul sejak lama dan tak diketahui siapa yang pertama kali membuatnya. Dan Om Toni tak akan mengclaim bahwa nama si Gondes adalah milik pribadi karena itu sama saja saya mengclaim nama Agus, Toni, Joko, Paijo, Mukidi, Susi, Fitri serta nama pasaran lainnya.

Namun karakter gambar si Gondes dengan rambut gondrong keriting, wajah agak tembem, mulut lebar, mata sayu (bukan mata mesum loh ya) seperti gambar dalam blog ini... itu adalah ciptaan Om Toni. Kalau ada yang bikin karakter gambar lain dengan nama si Gondes, ya silahkan saja. No what what!!

At last!
Terlepas dari kengawuran dan segala kekurangannya, sebenarnya saya ingin memberi contoh semangat pada para generasi muda. Berkaryalah sesuai bidang masing-masing. Terutama bagi yang hobby menggambar. Daripada corat coret di tembok orang lain, mending bikinlah gambar sketsa, komik, kartun, karikatur atau apalah yang ada gunanya. Jika saya, manusia setengah tua yang punya tanggung jawab terhadap keluarga -banyak yang harus dipikirkan- saja mampu berkarya... Kenapa anak muda yang punya energi lebih tidak mampu? Jangan mau kalah sama orang tua!!

Berkreasilah sendiri, jangan budayakan copas untuk blog atau update status di sosmed. Jangan takut diketawain karena karyamu jelek. Takutlah diketawain karena mukamu yang jelek!!


Mungkin itu saja perkenalan kita. Semoga semua tayangan komik, kartun, meme, gambar kata-kata lucu si Gondes bisa menghibur. Syukur kalo ada hikmah dan manfaat yang bisa dipetik dari sini. Dan tolong jangan ngeledek: “buah mangganya boleh dipetik juga nggak, Om?” Wassalam....

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang berhubungan dengan gambar kartun, komik strip, meme dan materi di atas.